Pemko Sukabumi Klaim P2RW Selesai 100 Persen

Sekda Kota Sukabumi Andri Setiawan.[IST]

POSBOGOR.COM, SUKABUMI – Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. menandaskan, P2RW (Program Pemberdayaan Rukun Warga) Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2017 yang dibiayai dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2017 sebesar Rp. 6,23 milyar, atau masing-masing RW sebesar Rp. 17 juta, sudah selesai 100 persen. Bahkan sudah 70 persen Pengurus RW yang tersebar di 33 kelurahan dan 7 kecamatan se Kota Sukabumi, sudah menyerahkan Laporan Pertanggungjawabannya.

Untuk itu, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, meminta kepada Pengurus RW yang belum menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban P2RW Tahun 2017, agar segera menyerahkannya, paling lambat pada akhir bulan Desember 2017 ini. Dengan demikian, Laporan Pertanggungjawaban P2RW Tahun 2017, pada akhir bulan Desember 2017 ini, sudah diserahkan oleh seluruh Pengurus RW se Kota Sukabumi.

Dikatakannya, Laporan Pertanggungjawaban P2RW  ini, akan diperiksa oleh Tim Monitoring P2RW Kota Sukabumi, yang anggotanya dari sejumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), diantaranya Bagian Tapem (Tata Pemerintahan) Setda Kota Sukabumi. Selain itu, Tim tersebut akan melakukan monitoring dan evaluasi secara langsung, untuk mengukur dan memastikan ketepatan Laporan Pertanggungjawaban P2RW yang diserahkan oleh setiap RW.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi menjelaskan, pihaknya merasa yakin dan optimis, bahwa setiap Pengurus RW dapat menggunakan anggaran P2RW sesuai dengan koridor yang ada. Karena setiap Pengurus RW sudah paham dan terampil dalam melakukan penyusunan Proposal P2RW, termasuk proses pencairan dan pengerjaan pembangunannya, hingga Laporan Pertangungjawabannya. Dijelaskan pula, dari semenjak digulirkanya P2RW di Kota Sukabumi, tingkat parisipasi warga masyarakat dalam pembangunan di setiap RW di Kota Sukabumi, senantiasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Adapun hasil monitoring dan evaluasi P2RW Tahun 2016, tingkat partisipasi warga masyarakat dalam pembangunan di setiap RW, rata-rata mencapai 50 persen.

Lebih jauh Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi menjelaskan, P2RW yang digagas oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. dan Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. ini, mendapat perhatian dari berbagai daerah Kota dan Kabupaten, sehingga banyak Kota dan Kabupaten yang berkunjung ke Kota Sukabumi, untuk melakukan study banding dan melihat secara langsung tentang hasil-hasil pembangunan di setiap RW di Kota Sukabumi, melalui program tersebut.[]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *